Jenis - Jenis Satelit, Fungsi dan Pengertian

Satelit memiliki peranan yang sangat besar dalam memajukan sistem informasi dan perkembangan teknologi. Beraneka macam satelit yang mengorbit di angkasa mengikuti rotasi bumi membantu manusia dalam memperoleh informasi-informasi tertentu yang dibutuhkan untuk keperluan tertentu.

Pengertian Satelit


Satelit adalah benda diangkasa yang berputar mengikuti rotasi bumi. Dengan bantuan roket, satelit di lontarkan menuju orbitnya. Tidak semua negara memiliki peluncur satelit karena biayanya yang mahal dan sistem teknologi yang digunakan harus benar-benar baik. Bukan tidak mungkin saat peluncuran satelit mengalami kegagalan dan itu sering terjadi misalnya :

Satelit-Telkom 3 buatan Rusia gagal mengorbit pada Agustus 2012
Pesawat Antariksa Rusia (Roket Proton-M) gagal meluncur pada Oktober 2015
Roket SpaceX Falcon-9 (Satelit mata-mata Amerika Serikat) gagal mengorbit Juni 2015

Setelah satelit berhasil mengorbit, seluruh aktivitas dan pergerakan satelit dipantau melalui pengendali yang dilakukan di Bumi. Cara kerja satelit yaitu dengan mengirimkan informasi dua arah uplink dan downlink. Uplink yaitu transmisi yang dikirim dari bumi ke satelit sedangkan downlink merupakan kebalikannya.

Jenis - Jenis Satelit, Fungsi dan Pengertian
Contoh satelit Komunikasi

Antena satelit digunakan untuk menerima transmisi di seluruh dunia, sedangkan satelit spaccing ( penempatan satelit ) digunakan untuk memudahkan kontrol lokasi dalam penerimaan transmisi.

Power sistem yang digunakan satelit menggunakan tenaga panas matahari dengan solar cell. Selain itu satelit juga dilengkapi dengan sumber tenaga tambahan yang dapat bertahan sekitar 12 tahun.

Jenis - Jenis Satelit 


Terdapat dua jenis satelit yaitu satelit alam dan satelit buatan. Misalnya satelit alam di Bumi adalah Bulan. Sedangkan di planet lainnya juga memiliki satelitnya masing-masing. Saya hanya akan menguraikan sedikit gambaran untuk jenis-jenis satelit buatan. Untuk satelit alam mungin lain kali ya :) berikut beberapa jenis satelit buatan manusia :

1. Satelit Komunikasi


Sesuai namanya, satelit komunikasi berfungsi untuk pemenuhan aktivitas komunikasi misalnya : Radio, Handphone, TV dll..

Dengan menggunakan frekuensi gelombang mikro, satelit ini menghasilkan transmisi gelombang Radio yang banyak digunakan untuk sarana komunikasi.

2. Satelit Astronomi


Satelit yang digunakan untuk aktivitas pengamatan benda-benda ruang angkasa misalnya : galaksi, planet, bintang dan benda angkasa lainnya. Contoh : Satelit Hubble yang diluncurkan pada tahun 1990 yang digunakan untuk memotret rose Nebula.

3. Satelit Pengamat Bumi


Digunakan untuk mengamati permukaan Bumi seperti : Pembuatan peta, pengamatan lingkungan Bumi, meteorologi dll..

Contoh : Satelit Reconnaissance (Satelit ini digunakan bukan untuk kepentingan militer)

4. Satelit Mata-Mata


Satelit ini termasuk jenis satelit khusus yang digunakan untuk menunjang kebutuhan militer suatu negara. Fungsi satelit ini adalah untuk memata-matai pihak musuh negara yang bersangkutan.

Fungsinya : Digunakan untuk mengetahui keberadaan pihak musuh serta pencarian informasi akurat dengan mendeteksi wilayah dan perilaku pihak musuh. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga atau ketika suatau negara dalam peperangan.

5. Satelit Cuaca


Digunakan untuk mengamati iklim dan cuaca di Bumi. Dengan satelit ini kita bisa mengetahui iklin dan cuaca terkini yang sering kita lihat di berita televisi atau di internet juga ada aplikasi untuk mengetahui cuaca dan iklim suatu wilayah.

Fungsinya bagi manusia : Untuk pertanian, perikanan, traveller dan lain sebagainya. Dengan mengetahui cuaca dan iklim kita bisa membuat rencana pekerjaan yang sesuai dengan iklim dan cuaca yang sedang terjadi.

6. Satelit Tenaga Surya


Digunakan dalam proses untuk menghasilkan sumber energi Matahari.

Cara kerjanya : Dengan memakai transmisi gelombang mikro untuk menyorotkan tenaga surya ke antena yang sangat besar di Bumi.

Hal ini dilakukan sebagai ganti tenaga konvensional. Sebagaimana yang kita tahu, panas matahari dapat dijadikan sumber energi terbarukan yang tidak pernah habis sampai akhir nanti.

7. Satelit Navigasi


Digunakan untuk mengetahui lokasi tertentu di Bumi. Dengan menggunakan sinyal Radio yang disalurkan ke penerima yang terletak di permukaan tanah tertentu di Bumi.

Kehadiran satelit membuat perkembangan teknologi semakin pesat terutama sistem Informasi. Kita patut bersyukur atas keberadaan satelit di kehidupan kita saat ini. Sudah saatnya kita membangun suatu peradaban yang modern dan unggul terutama di bidang informasi dengan menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia seperti : Satelit. Sekian - Terima kasih

Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Satelit
  2. http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-satelit-dan-contohnya-dilengkapi-fungsinya.html

0 komentar